Strategi BPK Sumsel dalam Meningkatkan Kualitas Pemeriksa

 

Workshop Pemeriksaan Jalan dan Jembatan

PALEMBANG – Dalam upaya untuk meningkatkan kompetensi para pemeriksa, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar Workshop Pemeriksaan Jalan dan Jembatan, pada 22 Desember 2023.

Workshop Pemeriksaan Jalan dan Jembatan

Kepala Sekretariat Perwakilan BPK Provinsi Sumsel Acep Mulyadi mengatakan, agar peserta workshop dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh karena ilmu yang didapatkan pada workshop ini akan bermanfaat bagi para pemeriksa sebagai bekal dalam melaksanakan tugas pemeriksaan. Kegiatan ini juga berguna untuk menambah pengetahuan, wawasan, dan keterampilan peserta karena ilmu diperoleh langsung dari narasumber yang sudah berpengalaman di bidang pelaksanaan jalan dan jembatan.

Dalam kegiatan workshop, BPK Provinsi Sumsel mengundang narasumber Djoko Satriyo Poerwowibowo, S.T., M.Sc dari Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Provinsi Sumatera Selatan dengan materi mengenai proses bisnis penyelenggaraan jalan dan jembatan Nasional di Direktorat Jenderal Bina Marga.

Workshop Pemeriksaan Jalan dan Jembatan

Djoko menjelaskan bahwa ada tiga metode dalam perencanaan konstruksi, yaitu survey dimana dalam pengumpulan data inventori dapat dilakukan dengan metode survey, metode selanjutnya yaitu investigation dimana pada tahap ini dilakukan penyusunan laporan hasil survei, dan metode terakhir yaitu design dimana pada tahap ini dilakukan penilaian kondisi jalan dan jembatan.

Pada kesempatan ini, Djoko juga menyampaikan alasan permukaan jalan dapat terjadi kegemukan atau bleeding dikarenakan kelebihan aspal atau suhu aspal saat penghamparan dan pemadatan tidak sesuai, Djoko juga menjelaskan bahwa penyebabnya ialah kesalahan dalam perencanaan campuran aspal dan kontrol kualitas pelaksanaan di lapangan tidak benar.

Workshop Pemeriksaan Jalan dan Jembatan

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Subbagian SDM ini mendapatkan antusias yang luar biasa dari para pemeriksa di lingkungan BPK Provinsi Sumsel. Sesi tanya jawab di buka setelah pemaparan dari narasumber, pada sesi ini para pemeriksa sangat bersemangat untuk bertanya mengenai proses bisnis penyelenggaraan jalan dan jembatan.

BPK Provinsi Sumsel berharap, dengan kegiatan ini para pemeriksa dapat bertukar pikiran dengan para ahli di bidangnya. BPK Provinsi Sumatera Selatan juga berharap agar nantinya pemeriksa dapat semakin kompeten dalam melaksanakan tugasnya. Selain itu, dengan workshop ini juga pemeriksa akan semakin berkualitas, dan siap menghadapi tantangan di masa depan. (Humas)