BPK Peduli Kualitas Layanan Kesehatan Pegawai

PALEMBANG – Meski seluruh warga Negara Indonesia termasuk pegawai di lingkungan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI telah terdaftar di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), namun tak membuat Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) abai terhadap kualitas layanan kesehatan bagi para pegawai dan keluarga.

BPK RI memperkuat kerjasama program jaminan layanan kesehatan yang telah terjalin antara Korpri BPK dengan Mandiri Inhealth dan untuk menindaklanjuti kerjasama yang telah terjalin, BPK Perwakilan Provinsi Sumsel menggelar sosialisasi kepada para pegawai.

Kepala Unit Pelayanan Pelanggan Mandiri Inhealth Palembang Catur Rio Wahyudi menjelaskan Mandiri Inhealth melihat bahwa ada ASN yang mengharapkan kenyamanan, keramahan, kemudahan informasi dan proses yang lebih cepat dalam pelayanan kesehatan.

Melalui produk  Smart Plus yang merupakan Coordination Of Benefit (COB) antara BPJS dan Mandiri Inhealth, Mandiri Inhealth menawarkan suplemen tambahan bagi peserta BPJS. COB merupakan kondisi di mana dua atau lebih perusahaan penanggung asuransi, dalam hal ini, salah satu pihak adalah BPJS Kesehatan, untuk menanggung nasabah yang sama dan atas manfaat asuransi kesehatan yang sama demi optimalnya manfaat yang diterima nasabah.

Dengan konsep COB, nasabah bisa memperoleh tanggungan asuransi dari penyedia jasa kesehatan yang belum bekerja sama dengan BPJS atau atas biaya yang tidak ditanggung oleh BPJS. COB sendiri adalah kondisi yang ingin dituju oleh pemerintah.

Kepesertaan Mandiri Inhealth Smart Plus ini adalah ASN dan keluarga sah BPK, pusat dan perwakilan di daerah, berusia maksimal 65 tahun atau anak dengan usia maksimal 23 tahun atau usia maksimal 25 tahun apabila masih kuliah, belum menikah, belum bekerja/belum berpenghasilan sendiri.

Mekanisme yang ditawarkan menyerupai mekanisme BPJS, semisal penggunaan formularium obat inhealth dan alur dimana penanganan atau rujukan dokter keluarga dibutuhkan untuk penanganan non emergency.

Sementara itu, Kepala Sekretariat BPK Perwakilan Provinsi Sumsel Acep Mulyadi mengatakan kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para pegawai BPK Perwakilan Provinsi Sumsel terkait jaminan kesehatan serta manfaat yang dapat diterima setelah menjadi peserta Mandiri Inhealth. (Humas)