IAI Gandeng BPK Sumsel

Sosialisasi Keanggotaan IAI di BPK Perwakilan Sumsel.

PALEMBANG – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Sumsel menjadi sasaran Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Wilayah Sumsel untuk menjaring anggota baru dengan menggelar sosialisasi keanggotaan bertajuk IAI ‘Goes to Institution’, di Aula Sriwijaya BPK Perwakilan Provinsi Sumsel, Jumat (20/9/2024).

IAI Wilayah Sumsel mengandeng BPK Perwakilan Provinsi Sumsel dikarenakan banyaknya jumlah pegawai yang bekerja di instansi yang bertugas melakukan pemeriksaan keuangan Negara tersebut berlatarbelakang pendidikan Akuntansi.

Wakil Ketua IAI Wilayah Sumsel Antonio Inoki mengatakan melalui kegiatan sosialisasi ini, IAI Sumsel ingin mengajak BPK Perwakilan Provinsi Sumsel bekerjasama dan mendorong pegawai untuk bergabung dengan menjadi anggota aktif dalam asosiasi profesi yang menaungi akuntan tersebut.

“Dengan pertemuan ini kami berharap dapat mendekatkan BPK dengan IAI, karena salah satu unsur personil dengan kontribusi terbesar dari instansi ada di BPK Sumsel, jadi sudah sebuah keniscayaan bahwa kami berharap pegawai BPK dekat dengan IAI,” katanya.

Sosialisasi Keanggotaan IAI di BPK Perwakilan Sumsel.

Tak hanya banyaknya jumlah pegawai yang berlatarbelakang pendidikan Akuntansi, Antonio Inoki menjelaskan, saat ini juga terdapat sejumlah pegawai di BPK Perwakilan Sumsel yang dipercaya menjadi bagian dalam kepengurusan IAI Wilayah Sumsel Periode 2023-2027.

“Kami berharap teman-teman disini (pegawai BPK) juga bisa mengikuti sertifikasi-sertifikasi  yang diselenggarakan oleh IAI, karena saat ini kami juga sudah diberikan izin oleh IAI Pusat untuk melakukan kegiatan sertifikasi, seperti Chartered Accountant (CA),” jelasnya.

Dirinya melanjutkan, sudah ada 987 orang anggota, baik anggota Utama, Madya dan Anggota Muda yang tergabung dalam IAI Wilayah Sumsel. Dari jumlah tersebut tercatat sebanyak 45 anggota dari BPK Perwakilan Provinsi Sumsel. “Harapan kami dengan adanya sosialisasi ini ada respon yang baik untuk berorganisasi di profesi akuntan,” imbuhnya.

Sosialisasi Keanggotaan IAI di BPK Perwakilan Sumsel.

Sementara itu Kepala BPK Perwakilan Provinsi Sumsel melalui Kepala Sekretariat Perwakilan Medianto Basuki mengucapkan terima kasih kepada peserta yang sudah dapat hadir dalam kegiatan sosialisasi terkait keanggotaan asosiasi profesi yang menaungi akuntan di seluruh Indonesia.

“Melalui kegiatan ini diharapkan agar para pegawai di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Sumsel, terutama yang memiliki latar belakang pendidikan akuntansi dapat bergabung ke dalam keanggotaan IAI secara aktif, baik sebagai anggota Utama ataupun Madya,” tuturnya. (Humas)