BPK Sumsel Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Pegawai

Health Talk Penanganan Nyeri Dengan Management Pain.

PALEMBANG – Dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan kepada seluruh pegawai, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) melaksanakan Health Talk dengan menggandeng Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr Mohammad Hosein Palembang, Selasa (4/6/2024).

Kegiatan diskusi terkait kesehatan kali ini mengangkat tema ‘Penanganan Nyeri Dengan Management Pain’ dengan menghadirkan dr Aidyl Fitrisyah, Sp.An-TI, Subsp. MN(K), AIFO-K selaku Pain Specialist di Pain Clinic Graha Eksekutif RS Mohammad Hoesin Palembang.

Health Talk Penanganan Nyeri Dengan Management Pain.

Kepala Sekretariat BPK Perwakilan Provinsi Sumsel mengatakan melalui kegiatan diskusi kesehatan mengenai penanganan nyeri dengan management pain ini diharapkan dapat memberikan informasi yang akurat dan terkini dari pihak yang telah berpengalaman di bidangnya sehingga berguna bagi pegawai.

“Seperti diketahui bahwa rasa nyeri di tubuh sering membuat kita merasa tidak nyaman dan cenderung dapat mengganggu aktivitas sehari-hari apalagi sudah cukup parah atau berlangsung lama, untuk itu perlu kita pahami bagaimana penanganannya secara tepat,” kata Acep saat membuka kegiatan yang dilaksanakan di Aula Sriwijaya BPK Perwakilan Provinsi Sumsel.

Dijelaskan dr Aidyl Fitrisyah, beberapa hal yang dapat dilakukan guna pencegahan timbulnya rasa nyeri di tubuh, yakni dengan rutin berolahraga, terutama yang melatih otot perut dan punggung. Jenis latihan yang baik untuk nyeri punggung adalah yoga, pilates, tai chi, jalan kaki dan berenang.

Health Talk Penanganan Nyeri Dengan Management Pain.

Menjaga postur tubuh untuk tetap tegap saat duduk atau berdiri guna mengurangi tekanan berlebih pada otot dan tulang belakang, mengurangi berat badan karena berat badan berlebih akan memberikan penekanan lebih besar pada otot-otot punggung bawah dan tulang belakang.

Kemudian menghindari stress, tidak merokok karena merokok dapat mengganggu aliran pembuluh darah pada tulang belakang, serta memperlambat penyembuhan nyeri punggung, tidak mengangkat benda berat agar nyeri punggung bawah tidak muncul kembali dan memperbaiki posisi tidur dengan menaikkan kaki sedikit lebih tinggi dari pada tubuh untuk mengurangi tekanan pada punggung. (Humas)