Menuju Hidup Lebih Sehat, BPK Sumsel dan RS Moh Hoesin Menyelenggarakan Sosialisasi Pencegahan Pecahnya Pembuluh Darah Otak

Health Talk : Cegah Pecahnya Pembuluh Darah Otak

PALEMBANG – Ajak pegawai untuk meningkatkan pola hidup lebih sehat, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan bekerja sama dengan pihak RSMH menyelenggarakan kegiatan “Health Talk : Cegah Pecahnya Pembuluh Darah Otakpada Rabu, 26 Juli 2023.

Plh. Kepala Sekretariat Perwakilan BPK Provinsi Sumatera Selatan, Wisma Naruni Kaswati menyampaikan, tujuan dilaksanakannya sosialisasi Health Talk ini ialah untuk menggugah kesadaran pegawai bahwa betapa pentingnya menjaga kesehatan, mengatur pola makan dan gaya hidup sehat, serta pentingnya kegiatan fisik seperti olahraga teratur, selain itu kegiatan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan wawasan pegawai tentang kesehatan.

Wisma menambahkan, bahwa materi yang dipilih ialah “Cegah Pecahnya Pembuluh Darah Otak” karena banyaknya pegawai di lingkungan kantor BPK Sumsel dengan keluhan hipertensi, dan kolesterol serta  kebiasaan kerja dengan posisi duduk yang lama di depan komputer, sehingga jarang melakukan olahraga,”

BPK berkolaborasi dengan profesional dalam bidang neurologi, Dr. Rini Nindela, Sp.N, M.Kes yang menyampaikan materi terkait pentingnya menjaga kesehatan tubuh sehingga dapat mengurangi risiko pecahnya pembuluh darah otak.

Health Talk : Cegah Pecahnya Pembuluh Darah Otak

Dr. Rini menyebutkan dua faktor penyebab pecahnya pembuluh darah di otak yaitu trauma dan non trauma. Trauma dapat disebabkan oleh benturan kuat di kepala (kecelakaan) sedangkan non trauma dapat disebabkan karena faktor stroke. Disampaikan, bahwa stroke juga menjadi penyebab kematian tertinggi di Indonesia.

 

Salah satu tujuan kegiatan edukasi ini agar menambah wawasan mengenai faktor risiko dan tanda peringatan kondisi terkait penyakit pecahnya pembuluh darah otak. Ditekankan juga bahwa pentingnya konsumsi makanan sehat, aktivitas fisik teratur, dan menghindari kebiasaan yang tidak sehat seperti merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol berlebih. Deteksi dini dan tindakan pencegahan sangatlah penting dalam mengelola kesehatan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit yang berbahaya.

Health Talk : Cegah Pecahnya Pembuluh Darah Otak

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Subbagian SDM ini juga mendapatkan antusias luar biasa dari 159 pegawai di lingkungan BPK Provinsi Sumsel yang hadir dalam acara Health Talk tersebut. Para pegawai juga sangat bersemangat untuk bertanya mengenai kiat-kiat dalam menjaga kesehatan tubuh.

BPK Sumsel yakin, dengan adanya acara ini dapat memberikan informasi yang akurat dan terkini dari pihak yang telah berpengalaman di bidangnya, yang akan berguna bagi seluruh pegawai.

Kegiatan ini juga di harapkan dapat meningkatkan kesadaran pegawai dalam menciptakan pola hidup yang sehat serta menjadi individu dengan pengetahuan dalam menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan kualitas hidup mereka dengan rutin berolahraga serta mengkonsumsi makanan yang bergizi. (Humas)