Auditor BPK Sumsel Dibekali Kemampuan Pemeriksaan Normalisasi Sungai & Saluran Irigasi

Diklat Pemeriksaan Normalisasi Sungai dan Saluran Irigasi.

PALEMBANG – Sebagai upaya untuk terus meningkatkan kompetensi dan profesionalisme auditor dalam melaksanakan tugas pemeriksaan, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel ) menggelar Diklat Pemeriksaan Normalisasi Sungai dan Saluran Irigasi, pada 17-21 Juli 2023.

Diklat Pemeriksaan Normalisasi Sungai dan Saluran Irigasi.

Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sumsel Andri Yogama mengatakan, kegiatan diklat ini diselenggarakan sebagai bagian dari komitmen BPK Sumsel untuk memberikan kesempatan bagi para pemeriksa agar terus mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang relevan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya, khususnya dalam pemeriksaan bidang sumber daya air.

“Kegiatan diklat ini sangat bermanfaat bagi para Pemeriksa sebagai bekal dalam melaksanakan tugas pemeriksaan belanja daerah serta dapat menambah pengetahuan, wawasan dan keterampilan peserta dengan adanya pengalaman dari narasumber yang sudah berpengalaman di bidang sumber daya air,” katanya..

Andri melanjutkan, melalui kegiatan yang dilaksanakan Subbagian SDM ini diharapkan pemeriksa di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Sumsel lebih siap dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat, terlebih kegiatan ini melibatkan para ahli dan

Diklat Pemeriksaan Normalisasi Sungai dan Saluran Irigasi.

praktisi sebagai narasumber. Diantaranya, dari Himpunan Ahli Teknik Hidrolik Indonesia (HATHI) Cabang Palembang yaitu Prof Dr Ir Achmad Syarifudin, M.Sc, Prof Dr Momon Sodik Imanudin, SP, M.Sc dan Zainuddin Mochtar, ST, MT yang menyampaikan materi terkait pemeriksaan normalisasi sungai dan saluran irigasi.

Selain itu, BPK Perwakilan Provinsi Sumsel juga menghadirkan pemateri dari Auditorat Keuangan Negara IV BPK RI Hery Antaris, ST, M.Si sebagai salah satu narasumber yang menyampaikan materi mengenai Pembagian Kewenangan Pengelolaan Wilayah Sungai dan Wilayah Layanan Irigasi.

“Salah satu tujuan utama dari diklat ini ialah untuk mengembangkan potensi pemeriksa BPK Perwakilan Sumsel sehingga dapat berperan aktif dalam menghadapi berbagai perubahan dan tantangan yang dihadapi instansi dan masyarakat. Melalui diklat ini, kami harap peserta dapat meningkatkan kemampuan adaptasi, kreativitas dan inovasi dalam menjalankan tugas sehari-hari,” harapnya.

Diklat Pemeriksaan Normalisasi Sungai dan Saluran Irigasi.

Sementara itu Kepala Sekretariat BPK Perwakilan Provinsi Sumsel Acep Mulyadi menuturkan, semoga ilmu yang diperoleh dapat bermanfaat bagi para peserta, menambah pengetahuan, pengalaman, keterampilan  serta wawasan sebagai bekal pelaksanaan pemeriksaan belanja daerah nanti.

“Dengan selesainya diklat ini kami yakin pegawai BPK Sumsel akan semakin berkualitas, tangguh dan siap menghadapi tantangan-tantangan di masa depan. Kami berharap hasil dari kegiatan ini dapat menjadi kontribusi positif bagi kemajuan dan peningkatan kualitas pelayanan dari

Diklat Pemeriksaan Normalisasi Sungai dan Saluran Irigasi.

BPK Provinsi Sumsel kepada masyarakat,” kata Acep saat menutup kegiatan. (Humas)