Gedung Kantor Baru Kejari PALI Telan Anggaran Rp43 Miliar, Diresmikan Langsung Jaksa Agung RI

Gedung kantor baru Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten PALI Sumsel, diresmikan langsung oleh Jaksa Agung RI ST Burhanuddin pada Selasa (7/5/2024).

Diketahui, pembangunan gedung baru Kejari PALI menghabiskan anggaran Rp 43 miliar menggunakan dana hibah yang bersumber dari APBD Kabupaten PALI.

Gedung Kejari PALI yang baru berdiri gagah ini berada di Jalan Merdeka Kelurahan Handayani Mulya Kecamatan Talang Ubi terletak di kawasan strategis berada di pinggir jalan sehingga mudah dijangkau dari segala arah.

Bangunan dua lantai dengan desain megah itu pun menarik perhatian, karena sarat akan makna dan arti.

Makna yang terkandung dalam bangunan tersebut tersirat melalui simbol atau bentuk fisik bangunannya.

Gedung Kejaksaan Negeri PALI yang dibangun di lahan tanah seluas 1,6 hektar itu bisa dibilang bangunan paling memukau nan indah dibanding gedung- gedung perkantoran lainnya di Kabupaten yang berjuluk Bumi Serepat Serasan tersebut.

Kini pembangunan kantor baru Kejari PALI yang proses pembangunan nya memakan waktu selama 6 tahun tersebut telah rampung dan baru saja diresmikan langsung oleh Jaksa Agung RI ST Burhanuddin.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) PALI, Agung Arifianto mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Bupati PALI Heri Amalindo yang telah membangun Kantor Kejari PALI yang begitu mewah dan megah.

“Tentunya kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemkab PALI, terkhususnya kepada Bupati PALI Pak Heri Amalindo, yang sudah membantu membangun gedung yang megah nan mewah ini,”kata Agung, Selasa (7/5/2024)

Menurutnya, pembangunan kantor Kejari yang baru ini, akan meningkatkan Sinergitas antara Pemkab PALI dan Kejaksaan, serta berperan aktif dalam pencegahan korupsi.

Agung menuturkan bahwa proses pembangunan Kantor Kejari PALI yang baru menelan biaya sekitar Rp 43.280.760.66 yang bersumber dari APBD kabupaten PALI.

“Proses pembangunannya memakan waktu lebih kurang enam tahun. Di mana pembangunan ini dimulai dari pemberian hibah pada tahun 2018 lalu. Kemudian pada tahun 2020 dilakukan pembangunan tahap pertama,”ujarnya.

Hanya saja pada tahun 2020 dan tahun 2021 tidak bisa begitu maksimal, karena terjadi wabah Pandemi Covid-19, yang menyebabkan pembangunan kantor baru Kejari PALI menjadi tertunda, dikarenakan anggaran Pemkab PALI dilakukan Recofusing.

Kemudian pada tahun 2022 dan 2023 saat anggaran mulai kembali normal pembangunan kantor Kejari PALI tersebut dilanjutkan kembali.

“Akhirnya pada tahun 2024 ini, kantor Kejari PALI sudah selesai dan rampung. Dan hari ini, sudah diresmikan langsung oleh bapak Jaksa Agung RI ST Burhanuddin,”terangnya.

Agung berkata, rencananya untuk kepindahan dari kantor Kejari lama ke Kantor Kejari baru, Agung memastikan dalam waktu satu bulan kedepan pihaknya sudah berkantor di gedung baru Kejari PALI yang baru saja diresmikan oleh Jaksa Agung RI.

“Untuk kantor Kejari yang lama, rencananya akan dijadikan Mes Kejari PALI,”tuturnya.

Kendati sudah dibantu oleh Pemkab PALI dalam pembangunan Kantor Kejari PALI, Namun Agung memastikan penegakan hukum di kabupaten PALI, khususnya dalam tindak pidana korupsi akan tetap maksimal dan lebih optimal lagi tanpa pandang bulu.

“Kami akan tetap konsisten dalam melakukan penindakan yang melanggar hukum. Bahkan dalam waktu dekat, akan diumumkan hasil penyidikan salah satu OPD yang diduga telah melakukan tindak pidana korupsi, Tunggu saja,”bebernya.

Agung berpesan Kepada para jaksa dan pegawai Kejari PALI, untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

“Semoga dengan adanya kantor yang baru  ini, kinerja kita sebanding, pelayanan sebanding, fasilitas lebih bagus membuat pelayanan ke masyarakat lebih maksimal,” tandasnya.

Sumber: Tribunsumsel.com