Kabupaten OKU Timur Raih WTP 12 Kali Berturut-turut, Bukti Tata Kelola Keuangan yang Baik

Kabupaten OKU Timur kembali menorehkan prestasi dengan meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2023.

Pencapaian ini merupakan yang ke-12 kalinya secara berturut-turut bagi OKU Timur, menunjukkan komitmen dan konsistensi luar biasa dalam pengelolaan keuangan daerah yang transparan dan akuntabel.

Penghargaan WTP ini diserahkan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan kepada Bupati OKU Timur, Ir. H. Lanosin, MT dan Ketua DPRD OKU Timur, H. Beni Defitson, SIP, MM pada hari Jumat 3 Mei 2024 di Kantor BPK Perwakilan Sumsel di Palembang.

Keberhasilan ini patut diapresiasi sebagai hasil kerja keras dan sinergi dari seluruh pihak di lingkungan Pemerintah Kabupaten OKU Timur, mulai dari pimpinan daerah, Aparatur Sipil Negara (ASN), hingga seluruh elemen masyarakat.

Capaian ini menjadi bukti nyata komitmen OKU Timur dalam mewujudkan tata kelola keuangan daerah yang baik dan bersih.

Opini WTP ini tidak hanya menunjukkan kredibilitas laporan keuangan, tetapi juga menjadi indikator kepercayaan publik terhadap pengelolaan keuangan daerah.

Hal ini tentunya akan berdampak positif pada berbagai aspek pembangunan di OKU Timur, menarik investasi, dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah daerah.

WTP kali ini merupakan ke-12 kalinya secara beruntun  yang berhasil diraih oleh Pemkab OKU Timur.

Agustian Pahrimale, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten OKU Timur, menyampaikan bahwa raihan opini WTP atas LKPD 2023 merupakan wujud komitmen dan kepatuhan pemerintah daerah dalam menyusun laporan keuangan yang akurat dan akuntabel.

Beliau menekankan bahwa penyusunan LKPD yang transparan dan akuntabel menjadi tanggung jawab utama kepala daerah, dan penghargaan WTP ini menjadi bukti nyata keseriusan dan komitmen Bupati OKU Timur, Ir. H. Lanosin, MT, dalam mengelola keuangan daerah dengan baik.

Lebih lanjut, Agustian Pahrimale menjelaskan bahwa opini WTP ini tidak hanya menunjukkan kredibilitas laporan keuangan, tetapi juga mencerminkan kepercayaan publik terhadap pengelolaan keuangan daerah OKU Timur.

Hal ini tentunya akan berdampak positif pada berbagai aspek pembangunan di OKU Timur, menarik investasi, dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah daerah.

Ia menyampaikan, ungkapan Bupati OKU Timur, yang mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas kerjasama yang telah terjalin dalam upaya membangun negara bersama-sama.

“Kewajiban kepala daerah dalam menyusun laporan keuangan adalah penting untuk gambaran yang akurat tentang kinerja keuangan pemerintah daerah. Terima kasih atas kerjasama dalam membangun negara bersama-sama,” ungkap Agustian, Jumat 3 Mei 2024.

Ia juga menyampaikan, bahwa keberhasilan tersebut tidak terlepas dari kerja keras. Serta kolaborasi seluruh elemen terkait, baik di tingkat pemerintah maupun masyarakat.

“Hal itu merupakan bukti nyata bahwa upaya bersama dalam membangun daerah dapat menghasilkan pencapaian yang membanggakan,” ujarnya.

Ia juga menambahkan, pemerintahan OKU Timur akan terus meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat. Serta menjaga integritas dalam mengelola keuangan daerah.

“Kita terus bersinergi dan berkolaborasi untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan bagi masyarakat OKU Timur. Terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam kesuksesan ini,” pungkasnya.

Sumber: Sumeks.co