BPK Sumsel Sukses Sabet Predikat WBK

Upacara peringatan HUT BPK ke-76.

PALEMBANG – Bersama 33 Satuan Kerja dari 47 Satuan Kerja pada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) berhasil meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dalam Pembangunan Zona Integritas (ZI) Tahun 2022.

Hal itu disampaikan dalam pidato Ketua BPK RI Dr Isma Yatun, CSFA., CfrA yang dibacakan Kepala BPK Perwakilan Sumsel Andri Yogama dalam upacara peringatan hari jadi BPK ke 76 yang tetap berlangsung hikmad meski sedang diguyur hujan, sehingga upacara harus dilaksanakan di Ruang Pusat Informasi dan Komunikasi (PIK), Selasa (17/1/2023).

Upacara peringatan HUT BPK ke-76.

Dalam pidato Ketua BPK RI disebutkan bahwa hingga tahun 2022, terdapat tujuh Satuan Kerja yang memperoleh WBK yakni AKN V, Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan, Kepulauan Riau, Lampung, Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Barat dan Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat. Serta tujuh satuan kerja yang sudah berpredikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), yakni Auditorat Utama Investigasi, Perwakilan Provinsi Riau, Jambi, Bengkulu, Jawa Timur, Kalimantan Selatan dan Badiklat PKN.

Selain capaian penetapan WBK dan WBBM, pada tahun 2022 BPK juga telah menerima beragam penghargaan, antara lain di bidang pengelolaan keuangan, SDM, kehumasan. Bahkan pada tahun 2022, BPK memperoleh Peringkat Pertama untuk tingkat Kementerian/Lembaga dalam penyerapan anggaran BPK yang mencapai 99,65 persen. Hal ini jauh meningkat dibanding Tahun Anggaran 2021 yang menduduki peringkat ke-17 dengan persentase penyerapan anggaran 98,83 persen.

Upacara peringatan HUT BPK ke-76.

Berdasarkan pidato Ketua juga disebutkan bahwa usia 76 tahun dan pasca pandemi, merupakan saat yang tepat bagi kita semua, insan BPK, untuk berefleksi, baik dari capaian yang sudah diperoleh, maupun tantangan yang akan dihadapi. Selain hasil pemeriksaan, BPK juga telah meraih target capaian kelembagaan yang ditetapkan, yakni terkait tingkat kualitas dan manfaat tata kelola keuangan negara, indeks kepuasan pemangku kepentingan atas manfaat hasil pemeriksaan dan Quality Assurance Reformasi Birokrasi.

Upacara peringatan HUT BPK ke-76.

Di usia yang ke-76 ini, Badan Pemeriksa Keuangan sebagai organisasi yang terus bertumbuh harus terus berbenah. Prestasi yang telah diraih harus dipertahankan dan secara bersamaan, perlu terus bersinergi, meningkatkan kolaborasi dan inovasi untuk mencapai visi BPK, menjadi lembaga pemeriksa tepercaya yang berperan aktif dalam mewujudkan tata kelola keuangan negara yang berkualitas dan bermanfaat untuk mencapai tujuan negara.

Upacara peringatan HUT BPK ke-76.

Hal ini sejalan dengan tema peringatan HUT tahun ini yaitu Makin Kuat, Makin Hebat yang mencerminkan harapan seluruh insan BPK agar BPK semakin kuat dalam menjalankan tugasnya melakukan pemeriksaan dan semakin hebat dengan memberikan karya terbaik dan manfaat bagi seluruh rakyat Indonesia.

kegiatan potong tumpeng peringatan HUT BPK ke-76.

Setelah pelaksanaan upacara yang digelar secara serentak, BPK Perwakilan Provinsi Sumsel juga melaksanakan pemotongan tumpeng sebagai bentuk rasa syukur karena telah 76 tahun sejak dibentuk pada 1 Januari 1947, BPK diberikan amanah konstitusi sebagai satu  lembaga negara yang memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara. (Humas)