BPK Sumsel Berbagi Pengetahuan dengan ANAO

Financial Audit Coaching dan Knowledge Transfer Sharing.

PALEMBANG – Guna meningkatkan pengetahuan dan pengalaman dalam hal pemeriksaan keuangan kepada para auditor, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Sumsel menggelar Financial Audit Coaching dan Knowledge Transfer Sharing, di Aula BPK Perwakilan Provinsi Sumsel, Kamis (24/11/2022).

Dalam kegiatan pelatihan dan berbagi pengetahuan tentang pemeriksaan keuangan ini, BPK Perwakilan Provinsi Sumsel menghadirkan Senior Advisor Australian National Audit Office (ANAO) untuk BPK, Kristian Gage dan Kepala Seksi Litbang Pemeriksaan Keuangan I, Endra Noviandy Sujadi sebagai narasumber.

Kepala BPK Perwakilan Provinsi Sumsel Andri Yogama mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan secara tatap muka ini yang diikuti 50 orang peserta yang merupakan para pemeriksa, untuk itu diharapkan ikut aktif, tidak hanya penyampaian materi dari narasumber, tetapi juga ada diskusi serta contoh-contoh faktual, agar ilmu yang diperoleh dapat dilaksanakan dalam pemeriksaan nantinya.

“Sebelumnya kami sampaikan apresiasi yang tinggi kepada Mr Kristian Gage yang telah meluangkan waktunya untuk memilih Perwakilan Provinsi Sumsel dan sekaligus berkenan datang ke BPK Perwakilan Sumsel dalam rangka berbagi pengetahuan,” kata Andri saat membuka kegiatan.

Financial Audit Coaching dan Knowledge Transfer Sharing.

Andri berharap, kegiatan yang mengangkat dua tema yaitu pada sesi pertama “Strategi Audit Planning and Risk Identification for Financial Audit Planningdan sesi kedua dengan tema “Leading an Integrity Organisation and Flexible Work Arrangements ” ini, peserta mendapat pengetahuan dan pengalaman.

Khususnya mengidentifikasi dan menilai risiko yang memiliki dampak signifikan dalam pemeriksaan laporan keuangan, sehingga dapat meningkatkan kapasitas dan kompetensi para pemeriksa di Kantor BPK Perwakilan Provinsi Sumsel. Selain itu, para pemeriksa memperoleh lessons learned dari penerapan flexible working arrangements di ANAO dan dapat mengadaptasinya di BPK sesuai kebutuhan.

“Oleh karena itu, para peserta diharapkan dapat mengikuti KTS dengan sungguh-sungguh, karena KTS ini sangat membantu, dan bermanfaat bagi pemeriksa, menambah pengetahuan, wawasan dan keterampilan dalam melaksanakan tugas pemeriksaan,” harapnya.

Sementara itu Kristian Gage mengatakan dirinya sudah bergabung bersama ANAO sejak 1998 dan sejak 2018 bertugas sebagai Senior Advisor serta ditugaskan di Indonesia untuk membantu dalam pemeriksaan keuangan dan perencanaan strategis serta pengembangan kelembagaan.

“Saya merasa sangat terhormat bisa datang ke Palembang, sejak 2018 bertugas di Indonesia baru kali ini ke Pulau Sumatera, jadi ini merupakan suatu kebahagiaan bisa berpartisipasi dalam kegiatan ini,” kata Kristian.

Financial Audit Coaching dan Knowledge Transfer Sharing.

Kristian menyebut, di ANAO antara tugas pemeriksaan keuangan dan kinerja dilakukan secara spesifik dan terpisah dan dalam kesempatan ini dirinya juga berbagi pengalaman seputar pelaksanaan flexible working arrangements di Australia dan ANAO.

“Di Australia saya bertanggungjawab melakukan pemeriksaan ke beberapa entitas yang cukup besar, yaitu Kementerian Pertahanan, Perpajakan dan Kantor Sekretariat Perdana Menteri,” paparnya. (Humas)