Peringatan HUT RI Ke-79, BPK Terus Tingkatkan Kualitas Hasil Pemeriksaan

PALEMBANG – Sebagai puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-79, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar upacara pengibaran bendera yang diikuti seluruh pegawai, Sabtu (17/8/2024).

Dalam pidato Ketua BPK RI Dr. Isma Yatun., CSFA., CFrA yang dibacakan Kepala BPK Perwakilan Provinsi Sumsel, Andri Yogama, Isma Yatun mengajak seluruh insan BPK untuk maknai peringatan HUT RI ke-79 dengan kontribusi nyata melalui peningkatan kualitas dan manfaat hasil pemeriksaan untuk mencapai tujuan negara.

Karena hal ini selaras dengan hasil telaah sejawat atau peer review kelima pada tiga area yang ditelaah, yakni SDM, manajemen etika dan integritas, serta teknologi informasi. Para peer reviewer yang terdiri atas BPK atau Supreme Audit Institution (SAI) Jerman, Austria, dan Swiss memberikan rekomendasi untuk perbaikan dan penguatan BPK pada masa mendatang.

Rekomendasi tersebut diantaranya penyempurnaan sistem perekrutan, distribusi, mutasi, pengembangan kapasitas, pemberian penghargaan, serta pelaksanaan assessment SDM, penguatan sistem manajemen krisis dan sistem manajemen integritas dan pemutakhiran infrastruktur teknologi informasi dan penerapan manajemen siklus data untuk menangani pertumbuhan volume data yang terus bertambah.

Dalam perjalanan mengisi kemerdekaan, BPK telah memberikan serangkaian sumbangsih nyata melalui pelaksanaan mandatnya. Setiap tahunnya, BPK telah menyampaikan hasil pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah serta badan lainnya tahun 2023.

BPK juga telah menyampaikan Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester II tahun 2023 yang mengungkapkan temuan dan rekomendasi untuk perbaikan tata kelola keuangan negara, serta hasil pemantauan tindak lanjut hasil pemeriksaan dan penyelesaian kerugian negara.

Dalam capacity building, BPK juga telah dipercaya sebagai Ketua Organisasi BPK sedunia (atau INTOSAI) Tahun 2028-2031 serta menjadi External Auditors di berbagai lembaga internasional. Serta pada kesempatan ini, Ketua BPK mengajak untuk terus berdoa dan berupaya terbaik agar keterpilihan BPK sebagai member of the United Nations Board of Auditors (UN BOA) pada tahun 2025.

Selain capaian-capaian di bidang pemeriksaan dan kelembagaan, BPK juga tak lepas dari tantangan, terutama terkait penegakan nilai-nilai dasar dan kode etik. Tantangan ini tentunya harus dihadapi dengan komitmen, sinergi dan usaha berkelanjutan yang kuat secara bersama-sama.

Usai pelaksanaan upacara dalam peringatan Hari Kemerdekaan dengan mengusung tema Mewujudkan BPK Hebat untuk Nusantara Baru Indonesia Maju, pegawai BPK Perwakilan Provinsi Sumsel membubarkan diri dari barisan dan langsung membentuk formasi bertuliskan HUT RI 79 yang diabadikan menggunakan kamera drone.

Tak hanya itu dalam pelaksanaan upacara, Andri Yogama juga menyematkan tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya 20 tahun pengabdian yang diterima oleh Edi Surono dan Ogan Dinahan.

Untuk memeriahkan peringatan Hari Kemerdekaan RI tahun ini, BPK Perwakilan Provinsi Sumsel juga telah menggelar berbagai kegiatan diantaranya pekan olahraga antar pegawai, berupa perlombaan bulutangkis, tenis meja, mobile legend dan gaplek serta kegiatan bakti sosial berupa donor darah bekerja sama dengan Rumah Sakit Mohammad Hoesin (RSMH) Palembnag, Kamis (15/8/2024). Dalam kegiatan ini terdapat 42 kantung darah yang berhasil didonorkan secara sukarela. (Humas)