OKU Timur Raih WTP 12 Kali Berturut-turut, Bukti Komitmen Bupati Enos Dalam Tata Kelola Keuangan

Bupati OKU Timur menghadiri acara penyampaian laporan hasil pemeriksaan (LHP) atas laporan keuangan pemerintah pusat (LKPP) tahun 2023 dan ihtisar hasil pemeriksaan (IHP) semester Il tahun 2023 di Jakarta Convention Center.

Acara ini dihadiri langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo, dan Wakil Presiden RI, Maruf Amin yang juga turut dikuti seluruh Gubernur, Bupati, Wali Kota, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi dan Kabupaten, Wali Kota se-Indonesia serta Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Wilayah Se-Indonesia.

Adapun tema yang diangkat dalam acara ini yaitu menguatkan pondasi keuangan negara, menuju Indonesia emas 2045.

Bupati OKU Timur Ir H Lanosin, MT menyampaikan bahwa sebagai kepala daerah mengucapkan terimakasih khususnya kepada BPK Rl.

Dimana telah melaksanakan tugas pemeriksaan keuangan negara dan terus meningkatkan profesionalismenya dalam fungsi pemeriksaan.

“Untuk tahun ini Kabupaten OKU Timur kembali mendapatkan penghargaan WTP 12 kali berturut-turut. Ini menjadikan bukti bahwa tata kelola keuangan di OKU Timur baik,” katanya Selasa (09/07/2024).

Lanjut kata dia, capaian ini menjadi bukti nyata komitmen OKU Timur dalam mewujudkan tata kelola keuangan daerah yang baik dan bersih.

“Opini WTP ini tidak hanya menunjukkan kredibilitas laporan keuangan. Tetapi juga menjadi indikator kepercayaan publik terhadap pengelolaan keuangan daerah,” ujarnya.

Hal ini tentunya akan berdampak positif pada berbagai aspek pembangunan di OKU Timur, menarik investasi.

“Serta meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah daerah,” ujar Enos.

Lebih lanjut ia juga menerangkan, bahwa LHP dan IHP tersebut sangat penting sebagai bahan evaluasi. Serta perbaikan bagi pemerintah daerah dalam pengelolaan keuangan daerah.

Selain itu, Bupati Enos juga berkomitmen untuk menindaklanjuti temuan-temuan BPK dalam LHP dan IHP tersebut.

“Saya menginstruksikan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten OKU Timur untuk segera menindaklanjuti temuan-temuan tersebut dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya.

Sumber: tribunsumsel.com