Diambil Sumpah Jabatan, 18 Pemeriksa BPK Sumsel Diminta Jaga Integritas

PALEMBANG – Kepala BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan Harry Purwaka melantik dan mengambil sumpah 18 Pejabat Fungsional Pemeriksa (PFP), di Ruang Auditorium Kantor BPK Perwakilan Provinsi Sumsel, Selasa (2/6/2020).

Dalam sambutannya, Harry menyebutkan pengambilan sumpah ini diwajibkan kepada semua PNS yang memangku suatu jabatan, sebagaimana diatur dalam Pasal 87 Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS dan Pasal 17 Peraturan Menpan RB No. 49 Tahun 2018 tentang Jabatan Fungsional Pemeriksa.

“Oleh karena itu saya berharap bahwa sumpah/janji yang diucapkan pada hari ini adalah teman setia yang akan mengingatkan Saudara untuk selalu menjaga integritas dan martabat BPK dalam menjalankan fungsi konstitusionalnya,” kata Harry.

Menurutnya, pengambilan sumpah/janji dengan mengatasnamakan kepada Tuhan Yang Maha Esa adalah suatu ikrar spiritual yang mengikat untuk patuh dan taat pada ucapan yang dinyatakan tersebut dan akan dipegang sekuat-kuatnya dalam melaksanakan amanah jabatan sesuai visi dan misi BPK.

Maka dari itu, Harry melanjutkan, jangan rendahkan diri dan martabat dengan menjual prinsip dan melakukan hal yang dapat menciderai kredibilitas saudara dan instansi serta merugikan negara. “Jaga nilai-nilai dasar BPK yaitu integritas, independensi dan profesionalisme,” tegas Harry.

Kegiatan pengambilan sumpah dilakukan sesuai agama didampingi tiga rohaniwan, yakni secara Islam, Kristen dan Hindu serta disaksikan oleh dua orang saksi, Junaidi Syamsuddin dan Uci Damayuni. Dalam pelaksanaan pelantikan ini tetap mengedepankan protokol kesehatan, seperti memakai masker dan physical distancing. Para Pemeriksa yang dilantik, selain tiga pemeriksa yang berada di ruang auditorium, lainnya ditempatkan di ruang sebelah auditorium, dalam rangka untuk menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Selain diikuti oleh pejabat yang hadir langsung di ruang auditorium yaitu Para Kepala Subauditorat dan Kasetlan, pelantikan pada masa Work Form Home (WFH) ini juga digelar secara video conference, diantaranya diikuti Pengendali Teknis, Ketua Tim Senior dan Para Kasubbag di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan.  (Humas)