504 Peserta Tes CPNS BPK di Sumsel Ikut SKD

PALEMBANG – Sebanyak 504 peserta tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) telah melaksanakan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), pada Kamis-Jumat (20-21/2/2020).

Kegiatan yang digelar di Kantor Regional VII Badan Kepegawaian Negara (BKN) Palembang tersebut dilaksanakan selama dua hari dan dibagi dalam enam sesi itu oleh panitia dari Biro SDM BPK Pusat dan dibantu Subbag SDM BPK Perwakilan Povinsi Sumsel.

Adapun hari pertama pada sesi satu diikuti 76 peserta dan sesi dua diikuti 100 peserta dan pada hari kedua dilaksanakan empat sesi, yakni sesi pertama hingga ketiga masing-masing diikuti 100 peserta sedangkan sesi terakhir diikuti 28 orang dengan waktu 90 menit untuk setiap sesi.

Namun sebelum memasuki ruang ujian, setiap peserta terlebih dahulu melaksanakan beberapa tahapan, mulai dari memeriksa nomor ujian yang telah ditempel oleh panitia dari BPK RI Perwakilan Sumsel di papan pengumuman sekitar lokasi tes.

Tahap selanjutnya peserta seleksi melakukan validasi data di meja registrasi dan kemudian mendapatkan pin sebagai kode untuk membuka soal saat berada di ruang ujian. Sebelum masuk ke ruang ujian, setiap peserta melakukan tahap pemeriksaan dengan alat sensor untuk memastikan bahwa peserta hanya membawa lembar kartu peserta dan tanda pengenal.

Pantauan di lokasi terlihat sejumlah peserta telah datang satu jam sebelum pelaksanaan seperti jadwal yang telah ditentukan. Meski ada beberapa peserta harus berlarian menuju meja panitia karena waktu persiapan tak lagi banyak.

Selain itu beberapa diantara peserta juga melakukan kesalahan dalam penggunaan atribut, seperti memakai jilbab warna hitam, padahal dari ketentuan yang telah ditetapkan berwarna putih, sehingga harus menggantinya. (Humas)