Penyerahan LHP atas LKPD pada Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin dan Ogan Kemering Ulu

Pada tanggal 19 Maret 2019, BPK Perwakilan Provinsi Sumsel memberikan Laporan Hasil Pemeriksaan kepada Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin dan Pemerintah Ogan kemering Ulu. Kegiatan penyerahan ini bertempat di BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan dan dihadiri langsung oleh Anggota V BPK RI, Ibu Ir. Isma Yatun. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sumatera Selatan, Bupati MUBA dan Ketua DPRD Kabupaten MUBA, dan Bupati OKU dan Ketua DPRD Kabupaten OKU.


Bagi Pemerintah Kabupaten MUBA hal ini merupakan sebuah prestasi dikarenakan dua tahun berturut-turut Kabupaten Muba menjadi yang tercepat dalam penyampaian LKPD dan LHP Atas Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Muba.
Ibu Ir. Isma Yatun mengatakan bahwa Muba luar biasa dan pantas jadi cermin bagi daerah lainnya di Indonesia dalam upaya pengelolaan keuangan daerah yang transparan dan akuntabel. Beliau juga berharap, daerah-daerah lain di Indonesia kiranya dapat menjadikan capaian Kabupaten Muba ini sebagai contoh dan semangat untuk berlomba-lomba dalam penyerahan LHP atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah.

Selain itu, Kepala BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan, Maman Abdulrachman mengatakan bahwa Muba tidak hanya cepat tetapi juga laporan keuangan Pemkab Muba mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian yang sudah diperiksa oleh kalangan profesional BPK RI Perwakilan Sumsel. Beliau menambahkan, apa yang sudah dilakukan Pemkab Muba bersama DPRD Muba ini harus dipertahankan dan diharapkan bisa menginspirasi daerah lain dalam upaya pengelolaan keuangan yang transparan.

Sementara itu, Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin mengatakan, prestasi ini merupakan hasil kerja keras dan kekompakan antara pihak legislatif dan eksekutif.


Bersamaan dengan itu Ogan Komering Ulu juga meraih prestasi karna telah mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian sebanyak empat kali berturut-turut. Ketua DPRD Kabupaten OKU mengatakan, akan terus memperbaiki dan menjadi lebih baik lagi dalam penyampaian LKDP.