Penyerahan LHP atas Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Empat Lawang TA 2012

DSC_8680

Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Empat Lawang TA 2012 berjalan lancar. LHP tersebut diserahkan oleh Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Sumatera Selatan, Novy. G. A. Pelenkahu kepada Ketua DPRD Kabupaten Empat Lawang, David Hadrianto, dan Sekretaris Daerah Kabupaten Empat Lawang, H. Akhmad Basri Soni pada Jum’at (21/06/2013).

Acara tersebut diisi dengan penyampaian opini atas Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Empat Lawang beserta data hasil pemantauan tindak lanjut atas rekomendasi oleh Kepala Perwakilan. Tahun ini, LKPD Pemerintah Kabupaten Empat Lawang mendapatkan opini disclaimer (Tidak Memberikan Pendapat) yang didasarkan atas tujuh masalah pokok dalam penyajian laporan keuangan diantaranya kesalahan penganggaran belanja pada beberapa instansi pemerintah, pengeluaran sekretaris DPRD yang tidak memiliki bukti pertanggungjawaban, ketidakpatuhan dalam pelaksanaan anggaran belanja modal, nilai investasi permanen pada PDAM Empat Lawang yang belum tercantum pada neraca tanggal 31 Desember 2012, dan sebagainya.

1 2

Selanjutnya, berdasarkan hasil pemantauan tindak lanjut yang telah dilaksanakan, diketahui dari total 297 rekomendasi yang ada hingga akhir Bulan Desember 2012, Pemerintah Kabupaten Empat Lawang telah selesai menindaklanjuti 215 rekomendasi atau 72%. Untuk itu, diharapkan Pemerintah Kabupaten Empat Lawang terus melakukan perbaikan dan peningkatan kinerja.