Perwakilan Sumsel Kenalkan BPK ke Pelajar

Perwakilan Sumsel Kenalkan BPK ke Pelajar

Mengenal BPK Lebih Dekat.

PALEMBANG – Setelah sebelumnya sukses melaksanakan Media Workshop dengan pihak media, ormas dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang bertema “Bersinergi untuk Akses Keterbukaan Informasi Publik yang Bertanggung Jawab, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Sumsel kembali melakukan kegiatan sosialisasi dengan enam sekolah yang ada di Kota Palembang, di Aula BPK Perwakilan Provinsi Sumsel, Kamis (9/11/2023).

Dalam kegiatan yang bertajuk ‘Mengenal BPK Lebih Dekat’ ini para pelajar dari SMA Negeri 1, 2 dan 3 serta SMK Negeri 1, 3 dan SMK Negeri 5 diberikan informasi tentang apa itu BPK, tugas serta visi dan misi, nilai dasar, pimpinan, struktur organisasi, entitas pemeriksaan dan jenis pemeriksaan BPK yang disampaikan oleh Kepala Sekretariat BPK Perwakilan Provinsi Sumsel Acep Mulyadi.

Mengenal BPK Lebih Dekat.

Selain itu para peserta juga diberikan materi terkait layanan yang ada di Pusat Informasi dan Komunikasi (PIK) yang tergabung dalam Ruang Rumah Layanan Informasi Masyarakat (Rumah Limas) seperti halnya pengajuan permohonan informasi, pengaduan masyarakat dan magang oleh Penelaah Informasi dan Komunikasi Publik pada Subbag Humas dan TU Kepala Perwakilan, Anita Frihani.

Dalam sambutannya mewakili Kepala BPK Perwakilan Provinsi Sumsel Andri Yogama, Acep Mulyadi menjelaskan tujuan kegiatan ini adalah untuk mendekatkan BPK dengan masyarakat dalam hal ini para siswa dan siswi, untuk itu diharapkan agar para peserta dapat mengenal lebih dekat lagi dengan BPK.

“Dengan mengenal lebih dekat BPK, diharapkan para siswa dan siswi serta asyarakat dapat memiliki pemahaman yang lebih baik mengenai BPK, baik tugas dan fungsi BPK, maupun hasil pemeriksaan BPK, dengan demikian kepercayaan masyarakat kepada BPK pun akan meningkat,” kata Acep.

Mengenal BPK Lebih Dekat.

Selain itu dikatakan Acep, BPK memiliki visi menjadi lembaga pemeriksa tepercaya, berperan aktif mewujudkan tata kelola keuangan negara yang berkualitas dan bermanfaat untuk mencapai tujuan negara. Serta misi BPK, memeriksa tata kelola dan tanggung jawab keuangan negara untuk memberikan rekomendasi, pendapat dan pertimbangan.

“BPK juga mendorong pencegahan tindak pidana korupsi dan percepatan penyelesaian ganti kerugian Negara. BPK Perwakilan Sumsel juga telah meraih predikat sebagai Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan saat ini sedang menuju pencapaian ke predikat Menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM),” katanya.

Sementara itu, Eva Soraya, guru pendamping dari SMK Negeri 5 Palembang mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan BPK untuk mengikuti kegiatan ini. “Selama ini anak-anak hanya mengetahui BPK dari pelajaran atau hanya melihat gedungnya saja saat melintas, untuk itu kami sangat berterima kasih atas kesempatan untuk dapat mengenal BPK lebih dekat,” ucapnya saat menyampaikan sambutan mewakili sekolah.

Mengenal BPK Lebih Dekat.

Meski menurutnya, selama ini ada beberapa peserta didik dari SMK Negeri 5 Palembang yang telah mendapatkan kesempatan magang di BPK. “Kami harap anak-anak tetap mendapat kesempatan praktek magang agar mereka lebih banyak mengenal dan belajar serta nantinya anak-anak mendapat kesempatan mengabdi di BPK,” harapnya.

Dalam pelaksanaannya, antusias peserta yang berjumlah 75 orang, baik guru pendamping maupun siswa sangat antusias, hal itu terlihat banyaknya pertanyaan-pertanyaan berkualitas yang diajukan dan selain pemaparan materi kegiatan juga diisi dengan games dengan menjawab soal-soal seputar BPK. (Humas)