Puncak HUT ke-75, BPK Sumsel Laksanakan Upacara dan Syukuran

PALEMBANG – Setelah sempat dilaksanakan secara virtual, tahun ini upacara dan syukuran puncak peringatan hari jadi ke-75 Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI dapat dilaksanakan secara langsung di setiap satuan kerja, termasuk di Lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Sumsel yang digelar pada Selasa (25/1/2021).

Dalam sambutan Ketua BPK RI Agung Firman Sampurna yang dibacakan Kepala BPK Perwakilan Sumsel Harry Purwaka disebutkan bahwa, usia  75  tahun  adalah  tahapan  istimewa  dalam  usia  organisasi.  Kalau ulang  tahun  ke-25  disebut  ulang  tahun  perak,  ulang  tahun ke-50  disebut  ulang tahun emas, maka ulang tahun ke-75 disebut sebagai ulang tahun berlian.

Analogi  berlian  ini  membawa  BPK  secara  kelembagaan  pada  dua pemahaman, pertama  karakter  organisasinya  dan  kedua  proses  pembentukannya. Secara  fisik,  berlian  adalah  mineral  terkeras  di  bumi  dalam  bentuk  bentuk  kristal,  atau alotrop,  dari  karbon  yang  faktor  kekerasannya yang bisa mencapai skala kekerasan Mohs tingkat tertinggi (10) dan kemampuannya mendispersikan cahaya.

Selain itu, secara proses, berlian  dihasilkan  dari  tekanan  yang  luar  biasa,  untuk  dapat  menghasilkan karakter  fisik yang keras, indah, bercahaya dan bernilai tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa BPK saat ini seharusnya menampilkan karakter organisasi pada tingkat soliditas dan kinerja tertingginya, setelah melalui proses waktu berhasil survive dari tekanan  yang  luar  biasa.  Untuk  menghasilkan  prestasi yang  dicapai  saat  ini, BPK menghadapi berbagai  tekanan,  tidak  hanya dari luar, tapi  juga dari dalam BPK sendiri.

“Kehormatan  dan  kebanggaan  bagi  kami  untuk mendampingi BPK melewati masa-masa sulit dan penuh tekanan, karena  pandemi,  karena  menyelamatkan  keuangan negara dan yang paling menantang adalah mendorong dan mengembangkan proses tranformasi organisasi di BPK, khususnya  dalam  meningkatkan  maturitas  perannya  mematangkan  oversight, memantapkan  insight  dan  mengembangkan  hingga  mencapai  foresight,” katanya.

Selain itu dijelaskan bahwa tahun ini BPK menerima lebih dari 30 penghargaan di tingkat nasional baik untuk satker pusat maupun perwakilan. Penghargaan nasional yang diterima mulai dari popularitas di media, jurnal atau media yang diterbitkan, pengelolaan anggaran, aset dan SDM hingga penetapan  wilayah  bebas  korupsi  dan  wilayah birokrasi bersih dan melayani.

“Hari ini, kita berbahagia dan bersyukur atas berbagai capaian yang kita raih. Kita mendapat pengalaman yang sangat berharga, bagaimana tekanan yang kita hadapi kita respon dengan prestasi dan inovasi. Tapi sekali lagi jangan biarkan itu membuat kita terlena dan berpuas diri. Mari  dengan semangat  akuntabiltas untuk semua, kita jaga dan tingkatkan komitmen, kebersamaan dan kompetensi untuk terus mendorong pengelolaan keuangan negara yang berkualitas dan bermanfaat dalam rangka mewujudkan tujuan bernegara,” jelasnya.

Usai upacara pengibaran bendera, dilanjutkan dengan kegiatan pemotongan tumpeng sebagai bentuk rasa syukur. Potongan pertama diberikan Harry kepada Kepala Sekretariat Perwakilan Acep Mulyadi, kemudian kepada pegawai termuda dan salah satu pegawai yang akan mutasi tugas meninggalkan Perwakilan Sumsel.

Selain itu juga dilaksanakan kegiatan donor darah dan pada kesempatan ini BPK Provinsi Sumsel menerima piagam penghargaan dari PMI Sumsel sebagai mitra yang telah berkontribusi dalam kegiatan bakti sosial donor darah. (Humas)