Peringatan HUT ke-74 BPK di Sumsel Berlangsung Meriah

PALEMBANG – Pandemi Covid-19 yang hingga kini masih melanda membuat sejumlah aktivitas tetap dilaksanakan secara terbatas, namun semua itu tak mengganggu kemeriahan pelaksanaan peringatan HUT Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) ke-74 di BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Serangkaian kegiatan peringatan HUT BPK yang mengangkat tema “BPK Tangguh, BPK Terpecaya” mulai dari pertandingan bulutangkis, tenis meja, catur, gaplek, e-Sport, lomba karaoke, donor darah dan kegiatan syukuran diikuti pegawai dari seluruh unit kerja, baik secara fisik saat pertandingan olah raga dan syukuran, maupun secara nonfisik/virtual saat mengikuti syukuran bagi pegaai yang sedang WFH dan melaksanakan pemeriksaan.

Selain itu, BPK Perwakilan Provinsi Sumsel juga mengadakan kegiatan sepeda santai yang diikuti 27 pegawai. Untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, yakni pembatasan jarak dan jumlah peserta, kegiatan dengan rute sekitar 15 km tersebut dibagi dalam dua gelombang perjalanan.

Begitu juga dengan acara puncak yakni pelaksanaan upacara bendera Merah Putih di halaman utama Kantor Pusat BPK, di Jakarta, yang juga diikuti seluruh pejabat struktural dan pegawai BPK Perwakilan Sumsel dilaksanakan secara khidmat meskipun dilakukan secara virtual melalui aplikasi zoom , pada Selasa (19/1/2021).

Saat acara syukuran, Kepala BPK Perwakilan Sumsel Harry Purwaka menyampaikan harapannya di tahun 2021 ini agar BPK Perwakilan Sumsel dapat tetap menjalankan tugas-tugas sesuai target yang telah ditetapkan, baik untuk pemeriksaan maupun penunjang dan pendukung serta menjadikan pengalaman tahun lalu, yaitu bagaimana menjalankan protokol kesehatan untuk menjaga kesehatan dan keselamatan saat melaksanakan prosedur pelaksanaan tugas yang telah ditentukan.

“Kita bersyukur di tahun 2020 lalu kita telah melaksanakan target kerja, dari sisi keuangan capaian BPK Perwakilan Provinsi Sumsel mencapai 97 persen lebih dan itu merupakan capaian cukup tinggi.

Dengan capaian tersebut, baik kinerja di pemeriksaan maupun penunjang pendukung banyak yang sudah tercapai sesuai rencana kerja di 2020,” harapnya.

Harry melanjutkan, meskipun pandemi sudah berlangsung sejak awal Maret 2020, namun tugas pemeriksaan yang sudah direncanakan bisa diselesaikan oleh BPK Perwakilan Sumsel. Disamping itu, untuk tahun 2021 target kinerja pemeriksaan dan target kinerja penunjang dan pendukung bisa tercapai, misalnya target raihan predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokraksi (Kemenpan dan RB).

“Alhamdulillah meski dalam kondisi pandemi saat ini, kita bisa tetap melaksanakan kegiatan rutin seperti tahun sebelumnya dan harapan saya target di penunjang serta pendukung juga dapat direalisasikan pada tahun ini,” imbuhnya. (Humas)