Pelantikan Anggota MKKE BPK dan Upaya Penguatan Kapasitas Organisasi

Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Moermahadi Soerja Djanegara beberapa waktu lalu tepatnya 4 Oktober 2017, memandu pengambilan sumpah Anggota Majelis Kehormatan Kode Etik Badan Pemeriksa Keuangan (MKKE BPK) di Kantor Pusat BPK.

Adapun yang diambil sumpahnya sebagai Anggota MKKE BPK adalah Jusuf Halim yang berasal dari unsur profesi. Pengambilan sumpah ini dilaksanakan berdasarkan Keputusan BPK Nomor 16/K/I-XIII.2/10/2017 tentang Pengangkatan Anggota Majelis Kehormatan Kode Etik Badan Pemeriksa Keuangan Tahun 2017 Sampai Dengan Tahun 2019 Dari Unsur Profesi oleh Panitera MKKE BPK.

Dalam pengambilan sumpah hadir pula Wakil Ketua BPK, Bahrullah Akbar dan Anggota BPK serta para pejabat eselon I dan eselon II di lingkungan BPK. Setelah pengambilan sumpah selesai dilaksanakan, kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara sumpah Anggota MKKE BPK dan disaksikan oleh Ketua BPK.

Sementara itu, Wakil Ketua BPK, Bahrullah Akbar saat dihubungi redaksi Nusantaranews, Jum’at, 6 Oktober 2017 menegaskan bahwa saat ini BPK tengah tengah gencar merapikan SDM (Sumber Daya Manusia). Salah satunya adalah dengan penguatan implementasi International Standard of Supreme Audit Institution.

Menurutnya, penguatan kualitas audit pada badan-badan pemeriksa bertujuan untuk memastikan bahwa lembaga audit menyediakan informasi dan penilaian yang independen. Untuk mendukung itu, perlu penguatan kapasitas organisasi, yang oleh Bahrullah Akbar disebut sebagai penguatan budaya organisasi.