Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekan Republik Indonesia Ke-72

17/08/2017, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72, BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan melaksanakan upacara yang diikuti oleh seluruh pegawai di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan.

Upacara dilaksanakan di halaman kantor BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan, Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sumatera Selatan, Maman Abdulrachman bertugas selaku Inspektur Upacara.

Dalam sambutan yang dibacakan oleh inspektur upacara, Ketua BPK Moermahadi Soerja Djanegara mengingatkan jajaran pelaksana BPK untuk memanfaatkan momentum kemerdekaan dengan meneladani semangat perjuangan para pahlawan melalui pelaksanaan tugas di BPK. Bentuk perwujudan peran strategis BPK dalam mengisi kemerdekaan di antaranya melalui penetapan visi BPK dalam Rencana Strategis 2016-2020, yaitu sebagai pendorong pengelolaan keuangan negara untuk mencapai tujuan bernegara melalui pemeriksaan yang berkualitas dan bermanfaat. Melalui visi tersebut, fokus pemeriksaan BPK tidak hanya pada assurance terkait administrasi pengelolaan keuangan negara, tetapi juga assurance terkait capaian substansi (outcome dan dampak) atas program pembangunan pemerintah.
Ketua BPK juga menyatakan bahwa slogan “Kerja Bersama, Bersama Kerja” pada HUT RI tahun ini sejalan dengan upaya BPK dalam membangun sinergi bersama untuk meningkatkan kualitas dan manfaat kelembagaan BPK. Hal ini menurutnya penting untuk mempertahankan kepercayaan masyarakat, terutama saat BPK sedang mendapat sorotan publik. Untuk meningkatkan kualitas dan manfaat kelembagaan ini, BPK perlu memperkuat implementasi Standar Pemeriksaan Keuangan Negara (SPKN) dan kode etik.